Sun. Jul 14th, 2024

Kalimantan sebagai pulau di Indonesia yang dipandang seperti ibu-kota budaya dunia, dan makanan tradisionalnya cukup bermacam. Anda bisa coba beragam tipe sajian basah dan kering dari beragam wilayah di pulau ini. Misalkan, makanan khas Kalimantan ialah soto banjar, sajian berkuah yang berisi ayam suwir dan kuah yang kaya bumbu. 

Amparan tatak


Amparan tatak ialah makanan khas Kalimantan yang dibuat dari tepung beras, santan, dan pisang manis Medan. Itu dikukus sepanjang sekitaran satu jam dan mempunyai struktur yang kuat. Ini ialah makanan penutup yang terkenal dan ada di mayoritas kabupaten Banjarmasin. Ini tidak ada secara luas di luar suku Banjar. Amparan tatak adalah menu favorite saat buka puasa. Ini juga gampang untuk mendapati. Sajian ini sudah dibikin dengan langkah ini sepanjang tahun.

Ketupat Kandangan


Ketupat ialah khas Kalimantan yang dihidangkan oleh warga di tempat sepanjang festival Idul Fitri. Sajian ini dibuat dari nasi dan dibuntel dengan daun kelapa muda, membuat wujud berlian. Sajian ini datang dari Indonesia dan dipandang seperti sisi penting dari budaya Muslim. Ini hari, dihidangkan sebagai makanan, bukan hanya sepanjang Idul Fitri, tapi selama setahun. Ketupat Kandangan banyak memiliki varietas yang lain berdasar wilayah. Bahan intinya ialah nasi yang dibikin jadi pasta yang lebih kental. Santan dipakai dalam penyiapan ini. Bahan tradisionil yang lain dalam masakan ini ialah kelakai, tanaman yang dipakai untuk membikin kuah asam. 

Baca Juga : Wisata Alam Batu Dinding Samboja, mirip Tembok Cina Tapi di Kalimantan 

 Gangang humbut


Gangang humbut itu rasanya manis. Dibuat dari nyiur, sisi dari pohon kelapa yang diproses warga di tempat jadi sajian yang sedap. Umumnya dihidangkan dengan nasi dan benar-benar beri kesegaran. Makanan khas Kalimantan ini benar-benar terkenal di hampir seluruh Kalimantan. Ada beberapa macam regional. Berlainan dengan Soto Banjar, hidangan ini kerap dihidangkan dengan kuah santan kotor. Sajian khas yang lain ialah Keripik Kelakai, semacam jajan yang dibuat dari santan.

Baca Juga : Pesona Gunung di Kalimantan

Soto Banjar


Soto Banjar ialah sup sebagai makanan dasar Kalimantan Selatan. Sajian itu berisi daging ayam, bihun, telur rebus, dan kentang goreng. Umumnya dihidangkan dengan kuah bening. Untuk membumbuinya, sebagian orang menambah air jeruk nipis atau sambal terasi. Di Kalimantan Selatan, Soto Banjar terkenal di Banjarmasin. Supnya dibikin dengan ayam dan rempah-rempah yang memberi rasa yang unik. Sup dihidangkan panas, dengan krupuk dan teh manis untuk lengkapi makanan. Awalannya, Soto Banjar cuma ada di Banjarmasin, tetapi selanjutnya menebar ke daerah lain di Indonesia dan Kalimantan. 

 

Well, itu dia makanan khas yang ada di Kalimantan, yang sebenarnya masih ada banyak lagi.

Nah, buat kamu yang lagi stay di Kota Medan, kuliner Medan yang satu ini di jamin bikin kamu ngiler deh. Skuy baca di sini >> Mie Gacoan di Medan

 

3 thoughts on “Yuk, Intip Makanan Khas Kalimantan!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *