Mon. Nov 28th, 2022

Jajaran gunung di Kalimantan memiliki pesona yang layak untuk di jaga. Pulau Kalimantan atau yang dikenal juga bernama Borneo ini benar-benar kaya akan daya tarik dan keelokannya. Pulau ini berpotensi yang besar sekali dari sisi pariwisata dan alamnyaCukup banyak masyarakat dunia yang sudah mengakui pesona pemandangan alam yang berada di pulau Kalimantan ini. 
 
Luas daerahnya mencapai nyaris 130 ribu km persegisudah pasti pulau Kalimantan ini lebih banyak memberi daya tarik keindahan dan kekayaan alamnya untuk para wistawanBerikut sejumlah gunung di Kalimantan yang bisa didaki oleh pendatang saat menginjakkan kaki di sini.

1. Gunung Liangpran 

Gunung Liangpran berada di Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur. Beberapa pengunjung atau pendaki yang sudah banyak yang menaklukkan puncaknya. 
 
Ketinggiannya 2.240 mdpl dan menjadikannya yang tertinggi di Kalimantan Timur. Di pegunungan ini pun ada penginapan, jadi para pengunjung perlu cemas bila tidak bawa peralatan untuk camping. 

 

2. Gunung Karst Sangkulirang 

Gunung yang ini termasuk dalam situs sejarah. Gunung Karst berada di Kalimantan Timur persisnya di Kecamatan Sangkulirang. Dengan luas yang dimiliki yakni 1,8 juta hektar, Karst Sangkulirang ini terhampar dari Kabupaten Kutai Timur sampai Kabupaten Berau. 
 
Lokasinya ini dikitari oleh tebing yang curam. Pegunungan ini mempunyai bentuk permukaan bumi yang berupa bukit kecil, cengkungan, sungai dan ada gua juga. 
 
Karst pernah masuk ke dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia pada tahun 2017. Keelokan gunung ini membuat beberapa pengunjung atau wisatawan terpesona, apa lagi adanya gua bawah tanah dengan ukir-pahatan alam eksotik dibarengi bukit-bukit hijau. 

 

3. Gunung Lumut 

Gunung Lumut adalah penyangga kehidupan untuk desa-desa yang berada di sekitarnya. Ketinggiannya mencapai 1.210 meter di atas permukaan laut dan luasnya mencapai 42 ribu hektar.  

Kabupaten Paser Kalimantan Timur adalah tempat berpijaknya Gunung Lumut. Di sekitarannya ada cabang-cabang sungai yang begitu menenangkan jiwa. Keasrian alam di sini terhitung dalam teritori hutan lindung atau kerap disebutkan hutan lindung gunung lumut. 
 
Kawasan ini adalah hutan yang  ternyata masih jarang tersentuh tangan manusia. Yang paut untuk di jaga sebagai paru-paru dunia.  

 

Baca juga : Pulau Derawan Kalimantan adalah Destinasi Menyelam Kelas Dunia 

 

4. Gunung Beriun 

Beriun mempunyai pohon-pohonan yang rimbun dan mempunyai kesejukan udara yang alami. Gunung Beriun adalah bukti dari salah satu pesona Kalimantan Timur. Beriun berlainan dengan pegunungan yang sudah disebut di awal, karena masih terhitung gunung yang “perawan” atau dalam kata lain masih jarang didatangi oleh orang-orang.
 
Gunung yang berada di Karangan Kutai Timur ini mempunyai ketinggian 1.261 mdpl. Kamu dapat berekreasi dan healing bersama famili atau orang tercinta meskipun tiba di sini bukan untuk mendakinya. 

 

Baca juga : Fakta Menarik Pulau Kalimantan 

 

5. Gunung Embun 

Sesuai namanya, Embun.

Embun pada pagi hari seakan menebar pesona keelokan yang tidak bisa di miliki perkotaan. Sebuah keasrian tiada batas mencolok di setiap dimensi gunung ini. 

Letaknya ada di Kalimantan Timur yakni di Kabupaten Paser Kalimantan Timur, persisnya di Dusun Luan Muara Samu. Lanskap menakjubkan mampu menyejukkan mata para pengunjung dari ketinggian gunung berbalut gumpalan awan yang menutupi permukiman saat waktu fajar tiba. 
 
Tempat ini bisa di tempuh dalam kurun waktu sekitaran 2 jam perjalanan darat. Tetapi pengunjung harus tetap waspada sewaktu diperjalanan karena harus menempuh jalan yang curam dan licin. Walaupun demikian, cukup banyak orang yang ingin sekali bertandang ke Gunung Embun ini. 

 

Nah, itulah beberapa gunung Kalimantan yang begitu manjakan mata bagi setiap pengunjungnya. Selayaknya bagi kita untuk turut menjaga keasrian alam yang luar biasa ini. 

Hemm, kalau kamu tertarik untuk mendaki, jangan lupa untuk melakukan persiapan yang matang yah.

Barangkali kamu mau tahu juga dimana tempat outbond keren, bisa baca di sini ygy Destinasi Outbound di Jogja – Yogyakarta 

 

 

2 thoughts on “Pesona Gunung di Kalimantan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *