Sat. Jun 22nd, 2024
randayan island - di kalimantan barat

Apakah Anda pernah mendengar tentang Randayan Island? Belum? Nah, jadi Randayan Island adalah salah satu surga tersembunyi Kalimantan Barat. Ia berupa pulau kecil yang terpencil namun pesona yang di tawarkan sangat paripurna. Suasananya benar-benar sangat sepi dan tenang. Orang-orang biasa menyebutnya pulau sepi berpasir putih.

Saat menginjakkan kaki di Randayan Island, kita seperti terbius oleh alam yang sangat indah untuk tidak meninggalkannya. Pantainya yang berpasir putih, air pantainya yang jernih membiru lepas dengan eksotis menjadi daya tarik tersendiri dari pulau Randayan.

Jika di bandingkan dengan Bali, Lombok, ataupun Flores, pulau Kalimantan memang bisa di katakan kalah alias tidak terlalu popular di mata masyarakat. Namun jika kita mau mengeksplorasi lebih jauh pulau Borneo ini, maka akan banyak sekali spot liburan yang ternyata tidak kalah keren, seperti Randayan Island.

Mari kita simak lebih jauh lagi tentang Randayan Island atau pulau Randayan.

Vegetasi Alam yang Seimbang

Randayan Island yang berada di kepulauan Lemukutan Besar, menciptakan keindahan alam sekitar yang menawan dan alam bawah air yang alami dan memesona. Vegetasi alam yang begitu seimbang menyelaraskan setiap hati keluh yang di bawa kemari.

Rumah Ideal Bagi Penyu

Di pulau kecil ini, sering sekali di temukan spesies penyu sisik (Eretmochelys Imbricata) dan penyu hijau (Chelonia Mydas). Sepanjang tahun penyu-penyu ini bertelur dengan damai di pulau Randayan. Puncaknya ada di bulan Desember hingga Maret, berbarengan dengan musim di bagian utara bumi. Jika Anda tiba di pulau ini pada masa bertelur penyu, Anda berkesempatan untuk melihat anak-anak penyu yang lucu. Atau langsung menyelam ke laut untuk melihat penyu sisik dan hijau dewasa jika Anda beruntung.

Baca Juga : Aston Banua Banjarmasin, Me Time Nyaman Penuh Relaksasi

Terumbu Karang Randayan

Berdasarkan beberapa sumber, di jelaskan bahwa luas karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,69 hektar dan pasir seluas 4,77 hektar. Para sekawanan ikan karang pun turut meramaikan seisi terumbu karang, biasanya ikan-ikan yang biasa di konsumsi seperti ikan kerapu, kerapu sunu, kuweh, kakap, puka puteh, dan lain-lain.

Beberapa predator seperti Chaetodon Lunula dan Chaetodon Trifascialis juga kerap terlihat di antara ikan-ikan konsumsi. Mereka saling mengisi dalam rantai makanan di laut. Biota laut lain yang akan bisa Anda jumpai di dalam air adalah teripang, udang karang/lobster, bintang laut, kima, dan lain-lain. Semua saling melengkapi untuk surga bawah laut Randayan Island Singkawang.

Baca Juga : Wisata Kalimantan Barat untuk Petualangan Seru di Alam Bebas!

What You Can Do It in Here?

Ada banyak sekali yang dapat Anda lakukan saat berlibur di surga terpencil pulau Randayan Kalbar ini. Anda bisa bersantai di pantainya menikmati angin yang berhembus lembut di bungkus dengan suara desir ombak, Anda pun bisa menyelam/snorkeling untuk menjelajah alam bawah air, diving, ataupun memancing.

Kebanyakan para pengunjung kemari untuk snorkeling untuk melihar bagaimana indahnya bawah laut Randayan Island secara langsung hingga puas. Jika Anda tak memiliki alat snorkeling sendiri, di sekitar pantai ada kios-kios yang menyediakan peralatannya untuk Anda sewa.

Baca Juga : Harris Hotel Pontianak, Staycation Seru di Akhir Pekan!

Bagaimana untuk Tiba di Randayan Island?

Untuk sampai di Randayan Island, pastikan Anda telah tiba di kota Pontianak. Kemudian dari Pontianak, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Teluk Suak. Jika dari Bandara Supadio, sekitar 130 km jaraknya. Selanjutnya dari teluk Suak, Anda pergi ke dermaganya. Speedboat adalah kendaraan alternatif untuk tiba di Randayan Island, tarif speedboat sekitar Rp. 150.000 (pergi-pulang).

Selain speedboat, Anda bisa menyebrang dari Pasir Panjang dengan kapal khusus, biayanya Rp. 100.000 (pp). Lalu perahu motor sebesar Rp. 30.000 (pp).

Jika Anda ingin lebih murah, ada motor air. Namun jam operasionalnya sangat singkat, hanya di jam 09.00 – 10.00 WIB. Tarifnya Rp.10.000/orang.

Berikut peta petunjuk arah Randayan Island berdasarkan Google Maps.

Try to Explore Randayan Island

Gimana? Setelah Anda baca sampai tuntas penjelasan di atas, tertarik untuk menjelajahi pulau Randayan? Memang rute yang di lalui cukup sulit dan rumit, namun setelah Anda tiba di sana, semua rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan aneka pesona dari lanskap pulau Randayan.

Soal penginapan juga tidak perlu di khawatirkan, ada banyak Randayan Island resort dan villa cantik yang siap menampung waktu istirahat Anda selama berlibur, harganya pun bervariasi mulai ratusan ribu, hingga jutaan rupiah.

Segera masukkan Randayan Island ke wistlist liburan Anda sekarang juga! Ini akan menjadi pengalaman yang seru juga tak terlupakan. ^^

Eitss tunggu dulu, Anda mau voucher hotel 300 ribu rupiah? Seindo Travel lagi bagi-bagi untuk pengguna baru. Yuk, ambil segera. Di sini >> voucher hotel murah

3 thoughts on “Randayan Island, Eksplorasi Fantastis Yang Jarang di Lirik Orang!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *